Minggu, 16 Desember 2012

Pagar Gigi, Saya harus bilang "Wow" gitu?



"Hati-hati Gan hahaha"


"Gigi kok dipager takut dicuri ya"


"Tambah monyong aja tu bibir lo apain?"

"Bergaya lo pake behel segala"

"Jijik liat lo pake behel" 

"Cantikkan ya semenjak pake behel"


Banyak komentar bertubi-tubi saat pertama kali pake kawat yang diberi aksesoris warna-warni. Hanya bisa cuek dan senyum saja sambil mamerin pagar unik yang nangkring di gigi. Kawat Gigi sekarang ini sudah bukan hal langka dan mahal lagi. Ngak perlu bisik-bisik di kuping orang berbehel sambil bilang "WOOOOOWWW" .http://eemoticons.nethttp://eemoticons.net 


Sekarang kawat gigi juga udah beralih fungsi dari petugas keamanan menjadi petugas kebersihan yang menahan sampah-sampah. Selain itu juga sebagai ajang fasion para kaum konsumtif. Kalau pake kawat gigi itu menunjukan kaum berada. Termasuk ciri orang gaol karena punya salah satu dari 3B (BB, Behel, Boil).

Kawat gigi sekarang udah jauh banget dari fungsinya. Miris ngeliatnya. Saya jadi masuk orang-orang konsumtif yang mengikuti jaman "Hari gini gak pake behel, gak gaol" http://eemoticons.nethttp://eemoticons.nethttp://eemoticons.net
Padahal saya terpaksa memakai kawat gigi karena kerusakan gigi yang amat sangat menyiksa. Tiga gigi geraham yang fungsinya mengunyah makanan-makanan uenak harus dicabut dari tempat persinggahannya lantaran tak layak pake lagi. Alhasil saya menua lebih cepat dengan gigi ompong yang kesusahan mengunyah.http://eemoticons.net   Dokter gigi saya menyarankan untuk memasang kawat gigi yang fungsinya menyatukan gigi saya yang ompong.

Dari hasil survai teman-teman yang memakai kawat gigi yang tren disebut-sebut behel ini saya menemukan fakta dan mitosnya...

simak ya Guys... Semoga bermanfaat untuk Readers...

Minggu Pertama Jadi Penikmat Bubur


Fakta. Awal pertama memasang kawat gigi kami kesusahan memakan makanan normal seperti batu, kaca, kayu. Gigi-gigi mendadak nyeri mungkin salah satu pembrontakan karena beban kawat yang terlalu berat harus ditempelin di badannya. Jahat banget si manusia itu protes gigi.

Setiap individu beda-beda mengalami nyeri dasyatnya, ada yang sampe 2 minggu, 1 minggu dan ada yang beberapa hari saja. Kalau saya hanya 4 hari saja menjadi penikmat bubur kemudian dipaksain makan yang berat-berat meski sangat tersiksa.

Kehilangan Kemampuan Menggigit

Fakta. Entah kenapa gigi ngambek sampe nggak bisa buat gigit kerupuk. Tapi ini hanya beberapa minggu pertama. Jika 1 tahun gigi sudah kuat seperti semula jadi bisa menggigit lagi, meski tak sekuat gigi sebelumnya.

So, kalo pake behel nggak bisa lagi seperti dulu bisa gigit kuku disembarang tempat, mbuka snack pake gigi lagi. Kemana-mana jangan lupa bawa gunting ya guys.

Behel bisa buat Diet 

Mitos. sebagian orang mengatakan Behel bisa buat diet. Em mungkin memang ada benarnya karena awal pemasangan dan setiap minggu ganti karet membuat gigi nyeri dan si berbehel jadi malas makan. Semua kembali kepada individu masing-masing Guys si pemalas pasti jadi malas makan juga karena makanan bakal nyangkut di kawat dan merusak penampilan.

Kalau untuk saya kawat gigi sama sekali tidak berpengaruh dengan pola makan. Saya tetap hobby ngemil meski selalu sedia tusuk gigi untuk membersihkan sisa makanan.

Behel mengubah bentuk rahang 

Fakta. Sesuai teori Kawat gigi berfungsi untuk merapikan gigi yang tidak sesuai dengan tempatnya. Gigi juga akan dilakukan pencabutan sesuai dengan keadaan gigi pasien. Pencabutan dan perapian gigi dari awal hingga finish akan mempengaruhi bentuk rahang akibat perubahan gigi yang sudah berdiri pada tempatnya.

Teman saya yang baru kemarin melepas behelnya mengalami perubahan rahang drastis setelah 2 tahun memakai kawat gigi.

Sebelum pake Behel 

ketika dibehel pipinya tirusan


Sebelum dan Sesudah


Sekarang Behel Bukan Barang Wah


Gue harus bilang Wow gitu?


Fakta. Setelah Behel beralih fungsi menjadi suatu Tren fashion sekarang behel dapat didapatkan dengan murah. 1 juta dapat memakai behel atas bawah permanen. Parahnya lagi 600rb saja dapat memakai behel fashion permanen. Itupun hanya dipasangkan oleh para ahli gigi bukan dokter gigi resmi. 

Jika pasang secara resmi di dokter gigi harganyapun sesuai bahan bracket yang digunakan oleh dokter tersebut. Harganya masih fantastis jika hanya melekat di gigi sekitar 4-15juta. 

Ada harga pasti ada kualitas. 


Behel menyebabkan karang gigi

Fakta. Bagi si berbehel yang tidak menjaga kebersihan giginya sisa-sisa makanan yang tersangkut di gigi dapat menyebabkan karang gigi atau karies gigi. Oleh sebab itu harus rajin kontrol minimal 2 minggu sekali ke dokter gigi yang bertanggung jawab dengan gigi kalian. Juga harus rajin gosok gigi ya guys...

Behel Bikin Kere 

Fakta atau mitos tergantung dengan individu masing-masing. Untuk memakai behel memang membutuhkan uang ekstra untuk perawatannya ke dokter gigi setiap 2 minggu sekali atau maksimal 1 bulan sekali karena harus konsultasi ke dokter penanggung jawab untuk mengganti karet dan membersihkan gigi.

Behel membuat gigi seperti emas.

Mitos. Emas?? wah bisa jadi kaya mendadak dong ekke. Gigi kuning itu disebabkan oleh beberapa faktor pertama genetik dan kedua pola hidup. Seperti merokok dan suka minum kopi dapat menyebabkan gigi mengkilap seperti emas.


Itulah fakta dan mitos dari si behel. Saran saya lebih baik nggak usah pasang behel kalau hanya untuk fashion atau gaya-gayaan doang. Nyiksa dan efeknya akan membuat gigi nggak bisa berfungsi normal dan parahnya akan mengubah bentuk rahang kamu yang sudah bagus.

Efek samping lain yang akan kamu alami itu SARIAWAN akibat gesekkan bracket dengan mukosa mulut dan menimbulkan luka. So, kalian harus rajin minum vitamin C dan airputih untuk mengantisipasi sariawan.

Penggunaan cincin ortho pada gigi geraham dapat menyebabkan saya kesusahan mengunyah untuk beberapa minggu.

Tips untuk si berbehel 

1. Rajin menggosok gigi minimal 2 hari sekali (Pagi dan malam).
2. Wajib mengunakan obat kumur setelah gosok gigi.
3. Rajin membersihkan sisa makanan yang tersisa karena dapat menyebabkan karies gigi. 
4. Harus ganti karet minimal 2 minggu sekali.
5. Rajin konsultasi dengan dokter penanggung jawab.
6. Pantangan memakan makanan yang keras-keras karena dapat membuat bracket lepas dari gigi dan cincin   
    ortho gigi juga dapat lepas. 
7. Jika gigi sudah rapi dan kuat harus dilepas karena jika terlalu lama memakai behel dapat menyebabkan 
    gigi terlalu menjorok ke dalam dan tidak sesuai dengan yang diharapka. 


Behel yang dipasang dengan benar tidak akan mengganggu fungsi penguyahan makanan dalam jangka lama.







sumbernya....

http://www.kaskus.co.id/post/000000000000000728765076

http://upshop.wordpress.com/category/uncategorized/

http://www.orthodontic-eka.com/2012/02/menyempurnakan-bentuk-wajah-dengan.html

http://www.kedokterangigi.net/239/tips-merawat-gigi-yang-pasang-behel.html






5 komentar:

 

Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang