Minggu, 03 Juli 2016

Kue Kering Home Made


proses menuju pemanggangan 

Lebaran sebentar lagi….

Seperti rutinitas tahun-tahun sebelumnya saya selalu membuat kue kering sendiri dengan bantuan Tante Rita yang punya resep super enak. Membuat kue kering sendiri menjadi kebanggan tersendiri daripada membeli di pasaran yang cita rasanya tidak kita tahu. Saat tamu-tamu berkunjung dengan bangganya kita menyuguhkan kue hasil karya sendiri. Yaamii…

Nanti saya berbagi sedikit resep kue kering ala kiky saky

NASTAR Keju Kering


Nastar Keju kering


Pertama, kita menyiapkan selai nanas untuk isian kue nastarnya. Caranya :

1.      Parut Nanas usahakan jangan diblender karena membuat nanas mengeluarkan banyak air.
2.      Masukkan nanas yang sudah diparut dalam Teflon yang sudah disiapkan diatas kompor.
3.      Masak nanas dengan api sedang, kemudian masukkan gula pasir dan vanili.
4.      Diaduk-aduk sampai adonan nanas tidak berair dan terlalu lengket. 
5.      Angkat dan dinginkan.

Selanjutnya kita membuat adonan kue keringnya, dengan cara :

  1. Telur di pecah dan pisahkan antara kuning dan putih telur, ambil bagian kuningnya saja. Kemudian masukkan gula halus dan margarin cair, lalu aduk rata dengan menggunakan mixer. (Tepung 1kg telornya 12 Biji)
  2. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena satu persatu, aduk sebentar sampai adonan merata (adonan bisa menjadi keras jika kalian mengaduknya terlalu lama).
  3. Diamkan adonan sebentar, lalu bentuk adonan tersebut dengan mengambil sedikit adonan tadi, pipihkan, dan masukkan adonan selai nanas. Kemudian bentuklah menjadi bulat, durian,lipat dan lainnya sesuai dengan sesuai kreasi kita.
  4. Setelah itu, beri olesan yang sudah di campur dengan kuning telur ke bagian atas adonan. Taburkan sedikit parutan keju diatasnya, lalu beri olesan lagi.
  5. Letakkan adonan ke dalam loyang yang sudah dipersiapkan. Sebelumnya, loyang diberi olesan margarine agar hasilnya tidak lengket. Beri jarak antara kue yang satu dengan yang lain disebelahnya sekitar 1cm.
  6. Jika loyang sudah penuh, panggang dengan api kecil.
  7. Agar hasil kue nastar menjadi lebih bagus, kue nastar yang sudah matang. Diamkan hingga dingin kemudian masukkan dalam toples.
 
Nastar Durian


Kue Castengel

Kejunya memeleh di lidah


Selain kue nastar keju kering yang diminati keluarga dan tamu-tamu yang berkunjung ke rumah kita, masih ada satu kue yang wajib ada di meja saat lebaran tiba dan ini sangat disukai orang tua yang mulai menghindari mengkonsumi manis-manis. Resepnya hampir sama dengan membuat kue nastar, bedanya hanya kita mengurangi gula dan menambah parutan keju dalam adonan awalnya. Ciri khas Castengel identik dengan rasa keju di dalamnya.


Kue Coco Chip


Home Made


Kami mengadopsi coco chip made in Pabrik dengan bentuk sesuai kreasi kami sendiri. Kue coco chip ini jadi favorit anak-anak kecil. Favorit saya juga :p

Resep pembuatanya seperti dengan membuat nastar hanya bedanya kita menambahkan bubuk coklat dan coco chip sehingga rasanya manis coklat.

Alhamdulillah Kue kering untuk menyambut hari Fitri sudah siap.

Dipilih dipilih 


Happy Idul Fitri
semoga bertemu lagi dengan bulan Syawal berikutnya. amien.




                                       

0 komentar:

Posting Komentar

 

Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang