Sabtu, 24 November 2012

BakSos Kesehatan Nasional ( 23 – 24 November 2012)



Me dan teman-teman
Untuk memperingati hari kesehatan nasional tepatnya tanggal 12 November kemarin Mahasiswa Analis Kesehatan, Gizi dan keperawatan  Unimus, Kebidanan Panti Wiloso, dokter di pukesmas terdekat, dan anak farmasi kumpul jadi satu di parkiran Sri Ratu Peterongan. Sasaran pengunjung kami seluruh pedagang di pasar Peterongan, karyawan Sri Ratu dan para pengunjung Pasar peterongan dan Sri Ratu. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehataannya sejak dini dan melakukan pemeriksaan gratis.

Hari Pertama

me dan anis

Kami tiba di lokasi tepat pukul 7 dan menata tempat sedemikian rupa. Kami sempat duduk santai sampai Jam 9. Para pasien belum juga berdatangan. Selebaran dan undangannya mungkin agak mendadak jadi para pedagang nggak bisa meninggalkan dagangannya atau lagi laris-larisnya. Sok tahu banget ya...



Antrinya rapi
Masnya emang cocok banget jadi pengukur TB


ngukur Tekanan Darah

ngukur IMT
Konsultasi ke Dokter Mary

Alurnya, pertama pasien daftar di meja pendaftaran, kemudian diukur berat badan dan tinggi badan. Lalu diukur tekanan darahnya. Setelah itu pasien diukur indeks masa tubuhnya apakah tergolong obesitas, nomal atau bisa jadi akan obesitas.

Setelah melalukan rangkain tersebut lanjut konsultasi ke Dokter Mary. Yang nantinya akan dapat pengarahan akan dilakukan pemeriksaan apa seperti keluhan pasien. Pemeriksaan yang tersedia saat ini pemeriksaan Kolesterol, Glukosa dan Asam urat. Sesuai alat yang memadai.

menggunakan alat rapid


tempat pengambilan obat gratis

Alat untuk pemeriksaan ketiga itu sangat sederhana karena sistemnya rapid. Hanya penggunakan srip kecil dan membutuhkan darah setitik saja.

Alat ini tidak bisa dikalibrasi sehingga kevalidnya sangat rendah. Untuk pemeriksaan yang lebih valid dan akurat datanglah ke laboratorium.

Setelah dilakukan pemeriksaan tersebut lalu kembali konsultasi dengan dokter agar mendapat resep jika hasil pemeriksaannya meninggi.

cek kolesterol, gula darah dan sama urat

Pasien mendapatkan obat gratis.

Jika pasien tersebut memang benar-benar bermasalah maka disarankan buat kembali cek kesehatan ke pukesmas terdekat dan membeli obat kembali jika obatnya udah abis.

Ingat kesehatan itu mahal. Kesehatan itu hadiah kehikmatan hidup. Jagalah pola makan dan jagalah kesehatan tubuh ini.

Dari hasil pemeriksaan tersebut harus benar-benar mengatur pola makan dengan menghindari nasi dan makanan dan minuman manis untuk peninggian Gula darah, menghindari goreng-gorengan, daging, dan makanan berlemak untuk peninggian hasil kolesterol dan untuk peninggian asam urat makan harus menghindari kacang-kacangan dan bayam. Yang paling penting harus diusahakan Olahraga 15 menit setiap pagi dengan jalan kaki.

Ichsan, Mba endah, Kiky

Well, untuk kegiatan hari ini lancar dan pasiennya lumayan banyak dari berbagai kalangan.

Hari Kedua
Hari Kedua
Alhamdulilah selesai

Untuk hari kedua ini kami gak telat sampai ke lokasi. Berhubung kemarin pasien baru berdatangan sekitar jam 9, jadi kami santai. Kami datang jam 8 pagi dan dugaan kami salah. Pasien udah banyak banget yang ngantri untung anak kebidanan dan dokternya udah datang Jadi nggak kuwalahan.


kiky saky 


Woro-woro udah nyebar jadi untuk hari kedua ini lebih banyak pasien. Dari yang normal sampai yang meninggi. Tapi saya amati lebih banyak hasil pemeriksaan yang meninggi dibanding normal.

Perihatin melihat keadaan masyarakat Indonesia yang banyak mengomsumsi nasi berlebih malah membuat para ibu-ibu paruh baya Obesitas. Ibu-ibu obesitas juga rentan sekali dengan meningginya kolesterol dan Gula darah.

Juga yang membuat masyarakat Indonesia mudah sekali sakit-sakit itu sebatang ROKOK. Sudah jelas dituliskan dibungkus rokok jika rokok itu menyebabkan bla-bla tapi masih saja dihisap. Untuk yang gila rokok bisa jadi 8-9 batang rokok perhari.  Bisa kalian bayangkan kan bagimana kerasnya kerja paru-paru kalian dalam menyaring asap-asap itu.

Kurangilah menghisap rokok sebelum rokok menghisap umurmu jadi lebih pendek...

Nah, meskipun jadi emak-emak harus tetep jaga bentuk tubuh ya... itung-itung buat nyenengin suami biar awet muda... oke calon emak-emak....

Alhamdulillah Baksos dua hari ini lancar...

Semoga bermanfaat untuk masyarakat.....

Saya senang dengan baksos ini karena bisa bersosialisasi langsung dengan masyarakat.

Alhamdulillah rame
Pasiennya banyak

SALAM SEHAT BANGSAKU....



0 komentar:

Posting Komentar

 

Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang