Minggu, 10 Februari 2013

Grogi saat Presentasi...

sumber gambar di sini


Pernah dong gemeteran dan keluar keringat dingin saat akan berbicara dihadapan banyak orang. Rasanya pegang keras aja langsung berasa pegang balokan es batu. Dingin. 

Mungkin saya salah satu orang yang suka grogi saat diminta untuk presentasi dihadapan orang banyak. Namun di antara teman-teman, saya lumayan memiliki keberanian untuk tampil dihadapan orang banyak. Efek suka ceplas-ceplos kali ya hahahha 

Tapi setelah berjalannya waktu saya mulai belajar cara-cara mengatasi grogi saat berbicara dihadapan orang banyak. Pertama saya harus menguasai materi yang akan dipresentasikan, kemudian berlatih dan yang paling utama itu jangan terburu-buru untuk menyampaikan materi kepada audience. 

Banyak ciri-ciri yang menandakan presentator grogi saat berpresentasi dan cara menghindarinya... Markemonnn...

Tidak Menatap Audience

Saat kita grogi pasti kita lupa untuk menatap Audience, padahal saat presentasi kita diharapkan dapat berinteraksi dengan Audience agar mereka tidak bosan mendengarkan kita berbicara. 

Tips: Harus tenang saat berpresentasi, tidak terburu-buru untuk cepat menyelesaikan presentasi. 

Gemetar 

Saat berdiri dihadapan orang banyak memang tak jarang orang gemetaran karena efek dari grogi yang  dasyat. Ada pula karena memang bawaan atau gen yang sering disebut tremor. 

Tips: Untuk menghindari efek grogi ini, sebelum memulai berbicara kita menarik nafas panjang kemudian tenang. Percaya diri dengan cara kita menguasai semua materi yang akan dipresentasikan. Berusaha untuk bergerak atau berjalan agar tubuh tidak lelah. 

Berkata terbata-bata

Efek dari badan gemeran terkadang suara juga ikut gemeteran dan terbata-bata sehingga untuk menyampaikan maksud saja terasa begitu sulit. 

Tips: Untuk berbicara lancar dihadapan banyak orang memang tidak mudah perlu latihan terlebih dulu agar dapat berbicara dengan baik. Saat presentasi harus tenang dan tidak terburu-buru. Serta menguasai materi 

Mengulang-ngulang kata

Mengulang-ngulang kata seperti Begitu, seperti itu, gini, dan semacamnya setiap akhir berbicara hingga beberapa kali akan mengundang tawa audience. Bahkan jailnya audience akan menghitung dari awal  sampai akhir presentasi berapa kali presentator mengulang kata itu. 

Tips : Harus mengontrol setiap kata yang diucapkan dan memilih kata agar tidak monoton. 

Memainkan Kabel Microphone

Untuk mengatasi grogi terkadang seseorang memainkan kabel mikrophone dengan diplitir-plitir atau semacamnya. Saya juga biasanya begitu agar tidak terlalu grogi. Sebaiknya tidak perlu melakukan itu karena akan merusak kebebasan kamu untuk berjalan atau menunjuk.

Begitulah ciri-ciri grogi yang saya amati dan saya rasakan saat presentasi dihadapan banyak orang terlebih yang belum dikenal. 

Untuk menghindari kesalahan lebih baik kita jangan menghafal materi tetapi memahami materi, sehingga saat alur presentasi tidak seperti dugakan kita, kita mampu mengatasi situasi tersebut. 

Semangat untuk presentasi, harus yakin ya Guys...
 







0 komentar:

Posting Komentar

 

Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang