Minggu, 17 November 2013

Bisnis Sampah Ternyata Menggiurkan

Sore blogger...




Saya lagi pengin ngomongin sampah. Bukan nyampah nggak jelas tapi pengin berbagi informasi siapa tau kalian berminat jadi tukang sampah, pebisnis sampah, pemunggut sampah atau peduli sampah. Tapi jangan jadi orang nyampah ya....

Ngomongin sampah ni yaa nggak bakal ada abisnya. Apa si SAMPAH? 

Sampah adalah segala sesuatu yang nggak bermanfaat oleh beberapa orang, kenapa hanya beberapa orang saja karena tanpa kita sadari sampah juga masih bermanfaat oleh sebagian orang. 

Kalau nyampah di media sosial dengan curhat gak jelas atau galau tiap hari nggak ada ujung si kayaknya sampah nggak bermanfaat lagi kalessss.. #ngomongnya kayak gak pernah galau di sosmed

Sumber sampah dari mana aja si???

Sampah itu dari mana-mana ada, bayangin aja diri kamu sendiri aja sehari mungkin udah ngumpulin sampah satu kantong plastik, dari bungkus makanan, tisu yang kita pake, polpen abis, kertas, banyak banget deh. Belum lagi sampah dari satu rumah, satu perumahan, satu RT, satu RW, satu kampung, satu kecamatan, satu kota, satu kantor, satu rumah sakit dan semuanya pasti ngeluarin berkantong-kantong sampah. Gilaaa banyak banget kan?

TPA Sampah (sumber di sini)
Apa bener sampah sumber bencana?

Meski sepele dan kita sendiri kadang tak peduli ternyata sampah bisa jadi bencana besar buat kita. Semacam balas dendam kali ya, kita buangnya sembarangan ke laut, ke sungai atau nggak pada tempatnya  bisa mengakibatkan banjir, sumber penyakit atau longsor kalau dibiarin numpuk. 

Jadi dari sampah yang jumlahnya kecil lama kelamaan akan menumpuk dan betapa seramnya kalau dunia ini kebanjiran sampah. Kalau kebanjiran air si rada wajar nah sampah, mau berenang kagak bisa. 

Menghindari itu semua perlu banget pengolahan sampah yang bener, saat ini lagi digenjar-genjarkan di beberapa daerah pengolahan sampah berbasis bisnis. 

Kenapa harus mengaitkan dengan bisnis?


Nggak usah munafik ya, manusia itu mata duitan. Mereka nggak bakal mau melakukan sesuatu hal yang nggak ngasilin duit. Yeaaalah kita kan butuh makan. Butuh idup dan butuh eksiisssss hahahhaha

Saya itu demen banget liat acara tv yang promosiin perumahan gitu. Nggak sengaja saya denger di perumahan yang ada di Jakarta, kalau buang sampah itu kita dibayar bukan membayar tiap bulan. Asik ya. Pengolahan sampah di perumahan itu lumayan bagus karena perumahan itu bekerja sama dengan salah satu perusahaan pengolahan sampah. Sampah organik dijadikan pupuk dan kemudian kembali ke perumahan sebagai pupuk tanaman yang ada dan sampah anorganik disetorkan ke perusahaan pengolahan sampah tersebut. Coba sistem ini diterapkan di semua perumahan atau kota di Indonesia ya.

Tokoh-tokoh sukses pembisnis Sampah

Semoga dengan banyaknya tokoh sukses bisa menginspirasi kita. Saya juga sebenarnya pengin jadi pembisnis sampah dan bekerjasama dengan pemulung hehehe

Jempol 4 dah buat orang yang rela dan peduli sama lingkungan hidup khususnya nggak jijik terjun ke SAMPAH.

Mari kita berdoa semoga para pemungut sampah dan pemulung diberi kesehatan. Mencari orang yang rela menggeluti sampah itu nggak gampang. Jujur saja saya suka muntah-muntah kalau deket bak sampah. Saya yakin nggak cuma saya aja yang begitu, masih banyak ribuan orang yang jijik dan nggak tahan sama bau sampah.

M. Baedowy 

Awalnya pak Baedowy ini auditor di sebuah bank asing di Indonesia, kemuadian hatinya tergerak untuk bergelut dengan sampah dan menjadikan sampah sebagai lahan berbisnis. Pak Baedowy bermodal 50 juta untuk mendirikan pabrik penggilingan sampah plastik. Sampah plastik ini berubah botol bekas minuman, bekas barang yang terbuat dari plastik yang telah menjadi sampah dan sampah plastik lainnya. 

Sukses besar dengan inovasinya itu, usaha penggilingan sampah plastik berkembang pesat dengan omset awal usaha perbulan puluhan juta. Dengan mesin barunya omset meningkat menjadi 400juta perbulan atau selama pertahun 4, 8 miliar. Busyeeettt dah. Dan penghasilannya pernah menurun karena harga minyak tanah dan BBM naik. 

Siti Aminah 

Ibu kelahiran Solo ini awalnya wirausaha toko sembako kemudian mengeluti sampah sebagai ladang bisnis. Ibu Siti mengolah sampah organik, anorganik bahkan sampah B3. 

Awalnya Bu Siti membuat tas dari koran, kemudian bu Siti memanfaatkan koran sebagi bahan membuat kerajinan (2008-2009). Tas, asbak dan pernak-pernik lainnya dijual mulai harga rp 3.000,-. 

Sumber gambar di sini 

Hidayat 

Pak Hidayat sebelum menjadikan sampah sebagi lahan bisnisnya menjadi pemasuk bunga krisan di supermarket selain itu beliau juga menjadi pencacah atau pengepres plastik. Dari itu Pak hidayat memiliki ide memasang kantong plastik di rumah-rumah tanpa memunggut biaya tetapi kemudian dia memunggut biaya Rp 30.000, - perbulan sebagi distribusi pemunggutan sampah menggunakan pikap. 

Sampah organik dijadikan kompos dan sampah anorganik dimasukkan mesin cacah. Pak Hidayat mempunyai pelanggan yaitu PT. Incocement Tunggal Prakasa, pabrik semen, pabrik gula dan PT. Holcim Indonesia. 

Bisnis sampah pak Hidayat menjadi ladang emas dengan pendapatan 225juta berbulan. 

Iyaz

Iyaz ini juga memiliki pabrik untuk mendaur ulang sampah khususnya pastik yang gak bisa terurai. Kata Iyaz nggak semua plastik bisa didaur ulang, yang bisa didaur ulang polyvinyl chloride (PVC), polystyrene (PS), styrene acrylonitrile (SAN), acrylonitrile butadiene sturene (ABS), polycarbonate (PC), dan nilo

Omset dari usahanya itu mendapat rupiah 200juta perbulan. 

Saran buat pengusaha kalau bisa kemasan yang dari pastik dari bahan yang bisa didaur ulang ya!!


Selain didaur ulang sampah juga bisa dijadikan barang-barang unik yang bermanfaat untuk orang lain. 

Barang Baru dari plastik  bekas kemasan


Tas lucu sumber gambar di sini 

sandal dari bekas kemasan (sumber gambar di sini


Kreasi dari botol bekas 



dompet (sumber gambar di sini)
Hiasan rumah (sumber gambar di sini)



Kreasi dari kain perca



keset (sumber gambar di sini)

Sarung bantal (sumber gambar di sini)


Kreasi lainnya dari sampah/ barang bekas 


Sumber gambar di sini 


dari serbuk kayu (sumber gambar di sini)


Dari limbah kertas (sumber gambar di sini )




Gimana Guys apa kalian berminat menjadi pembisnis sampah atau jadi pengrajin dari bahan barang bekas???

Buat ibu-ibu rumah tangga yang pengin punya kesibukan mungkin memilah barang bekas dan menjadikan barang yang bermanfaat mungkin bisa jadi pilihan.

Sampeee jumpa diombrolan berikutnya....

0 komentar:

Posting Komentar

 

Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang