Jumat, 27 Juli 2012

Saky di Ketep Pass Magelang


Me n si pacar


Sebagai pasangan LDR memang gampang-gampang susah ya, tetapi alhmadulilah saya dan si pacar dapat melewatinya. Saat ini saya sudah menjalani  LDR selama 2 tahun setelah lulusan SMA dulu. Setiap 3 bulan sekali kami bertemu dan melakukan hoby kami yang sama yaitu Travelling. 

Tujuan kami traveling kali ini ke Ketep Pass yang terletak di Kabupaten Magelang. Saat itu kami menempuh perjalanan dari rumah masing-masing di Purworejo. Bukan sendiri-sendiri dong tetap boncengan bareng menggunakan motor.  Membutuhkan waktu kira-kira 2,5 jam sampai puncak ketep yang berketinggian 1200m dari permukaan laut. Meski perjalanannya jauh saya dan si pacar selalu menikmatinya. Kami bisa bebas bercerita dan mengomentari apa saja yang kami lihat. Moment-moment seperti ini jarang sekali kami lakukan setelah menjadi distancer. Kami memanfaatkan pertemuan ini sebaik-baiknya untuk berdiskusi, bercerita, berkeluh kesah, makan bareng, foto bareng dan travelling. Huahahahaha senangnya hati ini. 


Berhubung kami penasaran dengan si merapi yang terakhir memuntahkan laharnya tahun 2010 kami putuskan mendatangi Ketep Pass yang berada di Magelang. Di sana kita dapat melihat merapi dengan jelas dan lebih dekat. 


Yuk ikuti perjalanan kami ini.....

Jalan menuju Ketep Pass


Merapi di siang hari

Merapi tertutup awan


Jalan menuju Ketep Pass sedikit menanjak dan sisi kanan kami sudah terlihat merapi. Semakin ke atas semakin kami mendekati merapi. Benar-benar gersang puncak merapi saat itu. Masih belum ada tumbuhan yang tumbuh di sana setelah meletusnya gunung merapi 2 tahun silam. Sungai di sepanjang jalanpun masih banyak lahar dingin dengan bebatuan yang sangat besar. Subhanallah  dasyat sekali merapi itu. 

Rame wisata



Sesampainya di Puncak Ketep, kami membeli tiket IDR 8000/perbiji. Rupanya di sana sangat rame gusy. Banyak keluarga dan mahasiswa yang menyegarkan mata dan pikiran di Ketep Pass bersama merapi. So sweet kali ya hahahaha.




Saya akui memang pemandangan di puncak ketep itu sangat eksotik apalagi di siang hari yang cerah. Kita dapat melihat kota Magelang dan Jogja dari ketinggian, juga dapat melihat indahnya gunung Merapi dan gunung Merbabu. Keren kali dah. Oia gunung Sindoro dan gunung Sumbing juga keliatan lho. Pesona ketep memang tiada duanya. 


Selain keindahan alamnya ketep juga memiliki banyak fasilitas untuk mengunjungnya. Pengunjung nggak akan kecewa dech. 

magma merapi dimensi 3


Kanda
Fasilitas yang menjadi unggulan Ketep Pass adalah wisata Vulkanologi Gunung Merapi. Wisata sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan mengenai kegunungapian difasilitasi oleh obyek wisata Ketep Pass. Volcano Theatre merupakan bioskop mini yang memberikan gambaran tentang aktivitas gunung merapi kepada pengunjung.

Kandaku


Fasilitas lainnya yang didapat antara lain....

Volkano Theatre

Vulkano theatre

masih sepi penonton

Tempat ini diperuntukkan untuk pemutaran film terjadinya erupsi Merapi secara alami. Dengan tiket IDR 7000 kami dapat menyaksikan film berdurasi 30 menit terjadinya erupsi merapi tahun terakhir yaitu 2010. Sungguh dasyatnya. Kita seakan-akan mendengar letusan-letusan yang terjadi 100jam itu.  Film ini benar-benar dibuat saat merapi meletus 2010 oleh kameramen handal dari ketinggian tertentu sehingga dapat mengambil gambar seolah-olah tepat di depan merapi saat erupsi. Mengerikan. 

Pelataran Panca Arga

Pelataran panca arga
cihuuuiii

Kiky dan Kanda

Dipelataran ini kami mendapatkan pesona yang luar bisa indahnya. Kami dapat melihat gunung merapi, gunung merbabu, gunung sumbing, gunung sindoro dan gunung slamat. Kami juga bisa melihat bukit-bukit yang asri dengan kehijauannya.  Di tempat ini juga cocok sekali untuk bernarsis ria. Yang bisa menjadi tempat favorit untuk pasangan seperti Saky ini. 

menunggu kekasih


menatap kabut
Teropong 

Yaahhh ketutup awan

Di pelataran panca arga juga terdapat sebuah teropong hanya dengan uang koin IDR 3000 kita dapat menfaatkan teropong. 

Ketep Vulkano Centre

Relief Merapi


Gedung ini digunakan untuk museum yang menyajikan berbagai bentuk perubahan merapi dari masa ke masa.  Bisa juga disebut sebagai dokumentasi merapi. Kita menjadi tahu lebih banyak mengenai merapi. Di sana dipajang foto kedasyatan letusan merapi. Dipajang juga poster puncak garuda ukuran 3x3m. 


Di dalam museum Ketep Pass
Ketep pass
Baguskan museumnya


Gardu Pandang



Gasebo Ketep Pass

Gardu pandang atau gasebo ini dapat dimanfaatkan untuk duduk bersantai sambil menikmati keindahan merapi dan gunung lainnya. Ruang yang terbuka yang dapat untuk berteduh dari terik matahari ataupun hujan.


Area parkir dan Mushola
musolah Ketep Pass

Area parkir, luaskan kan?

Parkir luas

Silau banget jadi merem melek

Area parkir di Ketep pass ini lumayan luas cukup untuk  motor dan  mobil, tetapi untuk parkir bus sudah ada di bagian bawah tidak di depan mushola. Di area parkir kita juga sudah dapat menikmati indahnya Merapi dan Keindahan pemandangan lainnya. 

Untuk yang beragama Islam tak perlu repot-repot mencari tempat untuk sholat karena di Ketep Pass sudah disediakan mushola lengkap dengan toilet. 

Tempat makanan

Deretan warung makan Ketep Pass


Tempat makan di Ketep pass ini sangat banyak banyak. Para pedang membuat tenda-tenda kecil di pinggiran jalan dan juga di pinggiran bukit di sekitar puncak Ketep. Makanan di sana itu rata-rata hangat karena udara di ketep lumayan dingin. Jagung bakar dan jahe anget yang menjadi makanan khas di sana. 

Restaurant di sana juga menyediakan makanan yang lezat-lezat. Sambil makan kita juga dihadapkan pemandangan yang elok dari balik kaca di resturant. 

Jadi kalau ke Ketep nggak takut kelaparan ya setelah capek berjalan-jalan naik turun tangga. 

Inilah pengalaman perjalanan saya dan si pacar bulan Juni kemarin. Cukup melelahkan tapi sangat menyenangkan. “Long last ya sayang. “ Doa yang selalu terucap dari mulut kami. 



Sekian dari postingan saya. 


Jam 16.30 sudah berkabut


Marhaban Ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa. 

Kiky




Cool kali ne Nda...





2 komentar:

  1. Mantab mba blognya..
    Sip..
    Slm purworejo jg..
    @tiko_glazine

    BalasHapus
  2. Terima kasih... salam purworejo juga...

    BalasHapus

 

Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang