Minggu, 22 September 2013

Waspada Penyakit Tidak Menular!!!!!!

Saat ini orang-orang di sekitar kita selalu mewaspadai penyakit-penyakit menular yang dapat menyebabkan kematian. Membuat kejadian luar biasa yang menyeramkan. Jangan salah masalah kita semakin bertambah dengan adanya penyakit tidak menular yang sama seramnya dengan penyakit menular seperti Dengue, HIV/AIDS, Tuberculosis, Hepatitis dan lainnya. 


Apa si penyakit-penyakit yang tidak menular tapi menjadi pembunuh nomer sekian di Dunia termasuk negeri tercinta kita ini ? 


Hipertensi menduduki angka tertinggi


Hipertensi 

Hipertensi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah seseorang itu melebihi batas normal. Penyebab hipertensi memang tidak diketahui secara jelas mengapa dan bagaimana. Tetapi gaya hidup yang kurang sehat dapat memicu tekanan darah lebih tinggi. Misalnya mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi dan kurangnya olahraga. Stress juga dikatakan sebagai pemicu hipertensi. 

Untuk mengendalikan tensi masing-masing personal perlu dibuat jurnal setiap minggu atau bulan untuk mengontrol dan pencegahan secara dini mengatasi hipertensi. 


Kardiovaskuler 




Dari berbagai sumber yang saya baca penyakit jantung ini pembunuh nomer satu dari penyakit tidak menular. Penyakit ini menyerang orang kalangan menengah atas dan menengah ke bawah dan juga segala usia. 

Tingginya kadar plasma total kolesterol, hipertensi arterial dan kebiasaan merokok merupakan penyebab faktor risiko terjadinya kardiovaskuler. 

Pencegahan Risiko Penyakit Kardiovaskuler

Mencegah adalah  upaya yang mudah, irit dan efektif. Marilah hidup sehat!!!
Mulailah menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti daging kambing, kuning telor, jeroan, sea food, fast food dan lainnya lebih baik mengkonsumsi sayur-mayur dan buah-buahan demi kelancaran peredaran darah kita. Kolesterol yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah dan mengakibatkan jantung memompa darah lebih kuat. Jika kolesterol menempel pada pembuluh darah semakin banyak maka akan menyumbat dan aliran darah berhenti sehingga mengakibatkan STROKE. Stress juga bisa menyempitkan arteri so, nggak usah stress. Enjoy aja. 


Sumber Gambar di sini

Lifestyle yang sehat jauhi rokok dan alkohol. Jogging minimal 3 kali seminggu. Kalo sempet si hahahhaa

Coba aja kawasan not smooking nggak cuma di pom bensin dan ruang ber-AC aja pasti kita bisa bernapas lega... *upayayangsulit. 

PR Indonesia pengendalian tembakau, kawasan tanpa rokok dan pajak rokok harus tinggi biar nggak terjangkau masyarakat luas. BISA NGGAK??????????????????


Diabetes Melitus 


Global status report on NCD World Health Organization (WHO) tahun 2010 melaporkan bahwa 60% penyebab kematian semua umur di dunia adalah karena PTM. DM menduduki peringkat ke-6 sebagai penyebab kematian. Sekitar 1,3 juta orang meninggal akibat diabetes dan 4 persenmeninggal sebelum usia 70 tahun. Pada Tahun 2030 diperkirakan DM menempati urutan ke-7 penyebab kematian dunia. Sedangkan untuk di Indonesia diperkirakan pada tahun 2030 akan memiliki penyandang DM (diabetisi) sebanyak 21,3 juta jiwa.

Banyak yang taulah ya seperti apa definisi penyakit Diabetes melitus. Apalagi di sekitar kita banyak yang mengidap penyakit kencing manis ini. Ketidakmampuan organ pankreas dalam mengendalikan hormon insulin di dalam tubuh sehingga tidak dapat digunakan secara efektif. Oleh sebab itu bagi penderita DM perlu pengontrolan insulin sedemikian rupa sehingga tidak menyebabkan komplikasi. 

Diabetes mellitus dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Diabetes melitus tipe 1, yakni diabetes mellitus yang disebabkan oleh kurangnya produksi insulin oleh pankreas.
  • Diabetes melitus tipe 2, yang disebabkan oleh resistensi insulin, sehingga penggunaan insulin oleh tubuh menjadi tidak efektif.
  • Diabetes gestasional, adalah hiperglikemia yang pertama kali ditemukan saat kehamilan.


Pencegahan dari penyakit DM 







" Risiko mungkin diturunkan, manisnya hidup kita yang tentukan. "

Pencegahan untuk orang-orang yang berisiko DM misalnya dari gen atau ras yaitu banyak berolah raga, menjaga berat badan dan menjaga pola makan yang sehat dan sesuai takaran gizi. Tetap hindari merokok. 

Bagi penderita DM sangat perlu mengontrol porsi makan (diet ketat pantauan dokter), olah raga yang cukup tanpa mengakibatkan kelelahan, menghindari luka, dan perawatan luka yang baik. 

Kanker 

Pertumbuhan sel Kanker 


Sekarang ini kanker menjadi penyakit yang tidak asing dan banyak ditemukan di jaman modern ini. Seiring berkembangnya ilmu dan tekhnologi semakin banyak manusia yang terpapar zat kimia, sinar radiasi dan sebagainya yang menyebabkan pertumbuhan sel di dalam tubuh tidak dikenalikan. 

Kanker menjadi momok yang sangat menyeramkan bagi penderitanya dikarenakan keganasan yang luar biasa cepat menyebar mengakibatkan kematian. 

Yang masih tren sekarang ini KANKER SERVIKS 

Penyebabnya, hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan, hubungan seks terlalu dini, merokok, kurangnya mengkonsumsi vitamin C dan E, kurang asam folat dan penggunakan pil KB terlalu lama. 

Banyak sekali sel kanker di dalam tubuh kita yang dapat berkembang tanpa kendali jika kita tidak bergaya hidup sehat. 

Kanker memang dapat diturunkan, pencegahan yang paling utama adalah pengenalan sejak dini sehingga pengobatan tidak terlambat untuk menghilangkan jaringan kanker tersebut. 


Demikianlah sedikit informasi semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya. 



Sumber Posting



1 komentar:

 

Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang