Minggu, 27 Mei 2012

Tips Menghindari Blog Terhapus



Akhir-akhir ini rupanya banyak blog-blog yang dihapus oleh Blogger. Beberapa bulan lalupun saya menjadi salah satu korbannya. Entahlah saya juga nggak ngerti kenapa tiba-tiba blog saya tidak dapat ditemukan, saat memasuki email di gmailpun kode selalu salah. Hampir menangis saja...http://eemoticons.net

Buat orang-orang yang suka ngeblog dan udah bertahun-tahun mengurusinya pasti rasanya sebel banget kalau blognya dihapus. Ya seperti halnya Facebook dan Twitter yang dihack oleh orang-orang usil. Huu rasanya pengin nyekik aja. http://eemoticons.net 



Postingan saya beberapa bulan yang lalu sepertinya sudah menceritakan kasus terhapusnya Journey of Life yang membuat saya panik setengah hidup.  Klik di sini untuk ceritanya.


Setelah Browsing mbah google akhirnya nemu juga tips oke buat menghindalri pendeletan si Blog kesayangan. 

Simaklah tips berikut sebelum beranjak dari layar monitor Kalian. #radamaksa.


1.  Jangan melakukan hal-hal yang melanggar Term Of service  blogger.

2.  Jangan melakukan hal-hal yang nyerempet-nyerempet seperti paid post review,, menjual link,, banner iklan yang terlalu berlebihan. Selain itu juga membuat blog jadi berat buat dibuka. Pembaca juga pasti capek nunggu. Huft ditinggal pergi dech... http://eemoticons.net 

3.  Jangan pasang Auto-Blog (blog yang bisa posting secara otomatis).

     Penginnya mau otomatis eh malah didelete otomatis juga tu.... Cari aman aja guys.
4. Jangan posting berlebihan sampai beratus-ratus posting dalam sehari.

      Posting paling ideal sehari itu 1 sampai 3 aja. Posting banyak juga pasti akan membuat pembaca jenuh. Yang menarik itu membuat pembaca menunggu-nunggu postingan kalian. Penasaran. Ayo buat readers penasaran.
4.  Jangan membuat blog sampai berpuluh-puluh hanya dalam satu account.

     Punya blog banyak si oke-oke saja tapi jangan menggunakan account yang sama. Satu account maksimal buat 3 blog saja jangan lebih ntar dikira serakah ma Blogger.
    Pisahkanlah blog yang dirasa sangat penting bagi kalian, jadikan ini disatu account untuk satu blog jangan sampai dicampur dengan blog-blog yang menurut kalian kurang berkualiatas. Sehingga tak merepotkan saat satu account ter-delete. 
   Untuk memisahkan blog yang penting dan  terlanjur bercampur dengan blog-blog lain adalah dengan cara membuat alamat email baru, lalu kalian mengundang email tersebut sebagai author ( login => pengaturan => Izin => Menambah Penulis)



     kemudian berikan hak yang setara dengan admin sebelumnya, nah jika sudah setara tinggal login ke akun yang baru kemudian hapus tuh admin yang lama. ( bingung? duh kacian dech ) http://eemoticons.net  Saya pernah melakukannya, gampang kok. Sebelumnya saya memakai account Yahoo, sekarang saya menggantinya dengan Gmail sebagai admin. 

    Lakukan backup blog secara teratur, ini bisa anda lakukan dengan cara : Login -> Pengaturan - Tab dasar -> Export Blog.  


5.  Jika Kalian mau menanamkan sedikit modal, sebaiknya gunakan custom domain atau memakai top level domain (TLD) sehingga blog kalian bukan lagi beralamat seperti http://kikysaky.blogspot.com, namun akan beralamat seperti http://kikysaky.com, jika alamat kalian sudah jadi custom domain dan suatu saat blog kalian dihapus blogger, maka kalian tinggal membuat blog baru lalu lakukan Import dengan memakai file hasil backup (ingat langkah sebelumnya), kemudian ganti lagi alamatnya dengan dengan domain yang tadi ( ini jurus kucing-kucingan dengan blogger ). http://eemoticons.netPerlu diketahui bahwa hasil import beda dengan posting baru, jika kalian melakukan import maka tanggal posting serta komentar yang ada akan tetap seperti itu.

      Langkah yang lebih baik yaitu tinggalkan ketergantungan kalian dari blogger, (itu si untuk blog-blog formal) silahkan beli hosting yang murah tapi berkualitas lalu pakai mesin Wordpress.org, kemudian import semua data yang ada di blogger ke wordpress kalian dan blog kalian akan kembali. 

Inilah sedikit ilmu tentang blog semoga bermanfaat.http://eemoticons.net 






4 komentar:

  1. infonya bermanfaat sekali nih..
    kalua boleh minta izin copas,nanti aku cantumnin sumbernya,,maksih sebelumnya..:)

    dan setalah aku baca2, postingan2 lainnya sangat bagus, menarik dan bermanfaat,,terus menulis,,karena dengan menulis kita bisa mengembangkan imajinasi kita dan menjadikan kita lebih kretaif..serta kadang bisa menghibur orang lain.. ^_^

    oia salam kenal
    kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
    folloback juga ya buat nambah temen sesama blogger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

    BalasHapus
  2. ˚◦°*îγα™*°◦˚ g malah. Salam kenal ya...
    Makasih ya... Menulis emang kepuasan tersendiri. Em tolong di komen saja jika ada yg salah...
    O̲̣̥к̲̣̣̥є̲̣̥y☺ọ̥k°˚˚°o̲̣̥к̲̣̣̥є̲̣̥y°˚˚°☺ọ̥koke nanti tkp..

    BalasHapus
  3. bagus mbak tip-tipnya, salam kenal

    BalasHapus
  4. Saya pernah nih sekali ngalamin ini.. langsung panik xixixi..

    Untung segera ditangani sama suami, ga jadi ilang deh blognya ^^

    BalasHapus

 

Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang