Kamis, 09 Februari 2012

Palenten oh Palenten

        Jujur aja saya pernah ngerayain palenten di bulan pebruari, ya iya lah masa desember natal dong hahahha..Tapi itu jaman-jaman alay gitu.. Sekarang mah biasa aja kayak angin lewat. Setelah tau apa itu palenten. Dari situ saya mikir kalau palenten itu gak perlulah sampe alay kayak orang-orang barat sono. Ikut bahagia aja dah lebih dari cukup. 


Cari tahu apa tu Palenten yuck...cap maricus,,,,


      Sejarah Palenten apa si??

         Nah guys, saya mau sedikit membacot tentang masa lalu ne, masa yang yang entah kapan terjadi di relung bumi ini.Cerita yang pernah saya denger si gini, Hari palenten itu hari kasih sayang bangsa Romawi yang menganut animisme yang dirayakan pada abad berapa ya,,pokokynya sebelumnya Indonesia merdeka dah. 



         Peringatan Palenten ini berasal dari sebuah legenda bahwa Romelius pendiri kota Roma disusui oleh seekor serigala sehingga ia tumbuh menjadi orang yang berbadan kuat dan berakal cerdas. Ada patungnya juga kok di Roma. Kalau gak percaya dateng aja langsung ke Roma tanpa biaya alias Gratis. Tapi cari info sendiri ya!!!

Bukti sejarah atau hanya kebetulan ide arsitektur
 

Maka dari itu bangsa Romawi mengabadikan peristiwa tersebut pada pertengahan bulan Februari dengan prosesi perayaan sebagai berikut:
"Seekor anjing dan domba disembelih, lalu dipilih dua orang perjaka yang berbadan tegap untuk dilumuri tubuhnya dengan darah anjing dan domba. Setelah dilumuri darah anjing dan domba mereka dimandikan dengan air susu. Lalu diarak keseluruh penjuru kota sambil memegang cambuk yang terbuat dari kulit. Di sepanjang jalan para wanita romawi menyambut hangat lesatan cambuk ke tubuhnya, karena diyakini berkhasiat menyembuhkan penyakit dan mudah mendapat keturunan". Kalau saya melihat kejadiaan saat itu mending banting pintu tutup wajah. Ngeri. Darah man....
Trus apa dong Hubungan Palenten ma Perayaan di atas?? nah loh bingungkan?

Valentine adalah nama seorang penganut Kristen yang dibunuh oleh Claudius pada tahun 296 M melalui sebuah penyiksaan karena dia pindah agama dari seorang penganut Animis Romawi menjadi seorang Kristiani. Ceritanya berhianat gitu lah.
Setelah bangsa Romawi memeluk agama Kristen mereka tidak membuang tradisi Animis tersebut tetapi menggantinya dengan memperingati hari kematian Valentine sebagai tokoh penyebar cinta dan damai dan prosesi peringatannya dimodifikasi menjadi:
"Mereka membuat sebuah perkumpulan massa, lalu menulis nama-nama wanita yang telah memasuki umur siap pinang  pada lembar kertas, lalu digulung. Kemudian dipanggil seorang pemuda untuk mengambil satu kertas dan membukanya. Arisan wanita.  Nama wanita yang tertulis dikertas tersebut akan menjadi pasangannya selama setahun, andai setelah satu tahun hidup bersama tanpa nikah mereka merasa serasi mereka melanjutkannya dengan pernikahan. Andai tidak ada keserasian maka pada hari palenten tahun mendatang mereka berpisah".
Perayaan ini ditentang oleh para tokoh agama saat itu dan mereka mengeluarkan larangan memperingatinya karena dianggap merusak akhlak para pemuda dan pemudi.
Tidak ada informasi yang jelas tentang siapa yang menghidupkan kembali tradisi ini. Hingga sampai sekarang Palenten di tanggal 14 Pebruari masih dirayakan di seluruh penjuru dunia. Tak ketinggalan di Indonesia juga  ada  Palentenan yang buat ngenes para Jomblo.   

Apa Masih mau umat Islam merayakan?


       Kalau saya si ikut merasakan bahagia aja, hari kasih sayang itu ya setiap saat, setiap detik bisa dilakuin  tanpa harus menunggu palenten. Bagi-bagi coklat ya kalo ada duit bisa dilakukan kapan aja. nah kalau saya dapat coklat ya ditrima aja anggap aja itu rejeki. #senyum bahagia. 
Well. tergantung pribadi aja dah. gak usah dibuat onar  segala macam.

    Kenapa palenten identik dengan warna Pink??

        Di bulan ke-2 ini pasti kalian bakalan dicekokin tu dengan warna yang serba pink... Semua pink. ya seperti siomay pink yang ngetren di Jakarta tu...


Ngepink setiap saat mantap cuy

Ya kalau menurut saya pink itu memang identik dengan wanita, kelembutan, keharmonisan gitu. Nah kalau item masa mau jadi batman, apalagi merah tu spiderman dong, em kalau biru doraemon. Ya yang ter-unyu-unyu tetep pink. is OKE lah...bisa di logika.


Pembisnis apa aja ya yang kebanjiran duit???

Wah kalau ngomongin bisnis ne Guys, Palenten memang menolong banget buat para pembisnis buat naikin revenue. Bahas satu-satu yuck siapa saja yang untung besar di bulan Pebruari ini. Jangan ngiler ya!! sediain serbet dulu aja kalo gak tahan numpahin iler.

Pembisnis Kartu Ucapan
Kartu ucapan memang yang kerap kali menjadi pilihan pertama bagi kawula muda untuk mencurahkan isi hatinya buat merayakan Palentin. Nah ini kesempatan besar untuk pembisnis kartu ucapan membuat keunikan-keunikan di secarik kerta. Yang pastinya akan memikat para konsumen tuk membelinya. Demi si orang tersayang terkadang rela membeli apapun  semahal apapun. Biasanya pembisnis menaikan harga kartu ucapan hingga 2x lipat lho.... hati-hati!!!
Coklat
Coklat Jaman SD
Coklat Palenten
Kalau coklat mah dah jadi makanan pokok di hari Palenten. Para cowok dan cewek pasti berburu coklat untuk si terkasih.  Syukur-syukur kalau bikin sendiri. Oh So sweet.
 Boneka 

Wah pabrik boneka pasti bakalan memproduksi boneka serba pink dengan harga yang menarik. Cewek bakalan kehadiran boneka pink dari kekasih tercinta ne asik..asik..

Bunga

Bunga mawar pasti langsung dipupuk besar-besaran ne biar cepet berbunga dan cepet dijual hahaha

Kata saya si, Palenten gak bakal semeriah ini kalau gak ada campur tangan pembisnis. 

Bagaimana si merayakan Palenten ???

Bagi remaja ataupun dewasa pasti memiliki keunikan-keunikan untuk merayakan palenten yang jatuhnya setahun sekali ini. Ada yang berdampak negatif ada juga yang berdampak positif....


Dinner

Perayaan Palenten di Indonesia mungkin masih sekedar makan malam dan berbagi coklat, namun ada beberapa anak ababil yang merayakan palenten dengan bercumbu ria dengan si kekasih, atau lebih parahnya lagi memberikan keperawanan untuk si kekasih seperti di luar negeri ala Barat gitu biar gawul. Janganlah guys, kalau begitu katakan saja no palenten no seks. 

Sebab Mengapa MUI melarang Palenten?

Mahasiswa Tolak Palenten
MUI tolak Palenten

Sering kali kita mendengar atau membaca surat kabar tentang larangan merayakan Palenten di Indonesia. Pihak MUI pasti memiliki bukti dan alasan yang kuat kenapa Beliau-beliau ini tak menyukai dengan tradisi pink seperti bangsa Barat.

Ini jawaban saya guys,,, kali aja memang mirip-mirip dengan pendapat MUI yang melarang perayaan Palenten.


Di saat Palenten saling tit.........

klik di sini
                                                                 

atau seperti ini ...

Mungkin party ini...

Nah inilah pendapat saya mengenai Palenten oh Palenten, apa pendapat kalian?? share di sini ya!!

Salam Blogger

18 komentar:

  1. waduh gambar2nya manteb banget hahaha :D gua gak ngerayain soalnya kata guru agama gua itu haram whehehe

    BalasHapus
  2. Herlus@ hehehehe biar tau kenapa MUI melarang palenten ya itu dy gambarnya hehehe

    BalasHapus
  3. hahahaha ampun deh, valentine sering disalah artiin jadi kayak gitu makanya mui heboh,hahaha

    BalasHapus
  4. Ratri @ iya tu Rat, bener bgt...

    Uzah @ sippp, sehati

    BalasHapus
  5. terus apa yang bisa kamu lakukan dengan adanya perayaan valaentine?masih gak anda melakukan hal2 yg sama dg gambar dan wacana anda di atas?tanggapan anda sendiri apa?
    hehehe

    BalasHapus
  6. aye...akhirnya sundari ngeblog juga...
    ya hanya bisa geleng kepala aja kalo perayaannya alay,,,ane dah gak ngerayain kok...gak kyk jaman SMA tu bagi2 coklat hahaha

    BalasHapus
  7. oh begitu to sejarahnya *manggut manggut*
    tu gambar yang lagi berduaan tutupin jaket dikepala menimbulkan hawa hawa tidak sedap deh :D

    BalasHapus
  8. Rini@ bnyak versi si rin,,,tp itu yg aku tahu. Wah yg tutupan jaket tu takut gosong kali ya..secara panas banget #ketawaketiwi

    BalasHapus
  9. aku taunya malah versi sejarah lain. st. valentine itu memang pendeta di masa romawi, tapi dia dihukum karena menjadi 'perantara' prajurit romawi yang kala itu dilarang menikah (biar konsen sama perang) dan perempuan yang mereka cintai. st.valentine ini diam2 menikahkan prajurit2 dengan pasangannya secara sah di gereja. dan saat ketahuan oleh pemerintah romawi, dia dipenjara dan dihukum mati pada 14 februari. untuk mengenang jasanya,dirayakanlah valentine itu kekekek ^^

    BalasHapus
  10. suci@ itu pernah denger juga ci,,,versinya banyak banget...
    mkasih dah share di sini ^^

    BalasHapus
  11. Waktu SMP sih pas palentin pernah tuker-tukeran coklat sama temen-temen segeng, tapi nggak ngerayain, cuma tukeran coklat aja (apa bedanya?!) :p
    Tapi pas mulai SMA udah mulai nggak peduli sama hal hal kayak gitu lagi, ditambah dengan lingkungan yang semakin mengerti bahwa palentin itu nggak pentin :D
    Salam kenal :)

    BalasHapus
  12. D. nariswari@ iya dulu aq jg tukaran coklat pas jaman SMP n awal SMA, ya yg penting g alay aja ya...
    sama dong sekarang gak penting tu palenten...salam kenal juga teman

    BalasHapus
  13. hahaha palentin adalah hari bisnis coklat, bunga, dan boneka internasional

    BalasHapus
  14. Gue sih gak ngapa2in, cuma beli cokelat, trus gue makan sendiri :p

    BalasHapus
  15. irvina @ iya bener banget pembisnis langsung kaya mendangdut...

    Aliv @ setuju bgt tu

    BalasHapus
  16. wah, nice post euy.. :) ane sih ga terlalu pusing mikirin mau palenten ato ga.. mikirin tugas kuliah aja uda pusing. hehe. nice post & happy blogging :)

    BalasHapus
  17. males valenten valentenan udah gak jaman :)

    BalasHapus

 

Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang