Minggu, 02 Oktober 2011

Kuliner dan Nongkrong

me n Titis

Resiko menjadi anak kos memanglah mencari makan di luar. Malam ini aku, Si Katul, Nying-nying (selalu tak tertinggal mereka berdua dalam hidupku) dan Bunda pesiar mencari Bakso. Gak tau kenapa malam ini lagi ngedam berat ma Bakso. Terutama Bunda alisan Wahyu Dewi Noor Fauziah dah ngebet banget maem bakso. Ampe kebawa mimpi sakin ngidamnya. 


                                                                         Bunda  (Dewi)


Nah Bunda itu salah satu temenku yang hafal banget posisi makanan enak dimana. Dia itu jiwanya kuliner dan hobby masak. Jadi kalau urusan makan selalu dia jagonya. Pakar makanan....

Selepas pulang kuliah tepat saat adzan berkumandang kami segera mandi dan Sembayang. Lalu dech cap cus tanpa menilik kantong dompet, siap bertualang menjelajah kios bakso. Masalah tempat makan memang bukan ahliku memilih, kurasa lidahku cukup parah untuk menicip makanan. So, pasrah mengekor Bunda kemanapun ia berhenti untuk makan. Weleh awas aja kalo sampe salah makan. 

Si Katul dan Nying-nying dah pada ngomel kayak makhluk angkasa yang gak jelas karena dah sangat kelaparan. Aku si biasa aja, pasalnya hari ini aku banyak minum. Sehingga  lambungku cukup berisi banyak cairan. Alhamdulilah ya...


Bunda ngajak makan bakso di Bakso Doa Ibu di jalan Sompok Baru no 63 Semarang. Katanya makyussss. Tetap masalah selera bakso tergantung kita yang membumbui dengan saus, kecap sambal dan sejenisnya itu. Pasti memiliki ciri khas tertentu.

Nah para soibku memang aneh-aneh dan beda dalam citra rasa yang dipilihnya. Lidah masing-masing sangat berbeda dalam mengidentifikasi rasa. 

KuLiner Bakso

                                                      Ngeri tenan

Cara kebiasaan katul ( ERNA) si makhluk saus, dia selalu menambahkan banyak saus dan sampal di atas makanannya entah itu bakso, mie ayam, soto dan makan kuah lainnya. Sumpah bikin orang yang meliriknya nyeri. Melirik aja nyeri apalagi mandang, pasti bola mata dah copot dari pangkalnya.  Dasar manusia sambal. Bener-bener kebiasaan yang gak baik untuk dilancarkan. Gila aja makan saus ampe merah kayak darah segar gitu. Aku aja  melayang – layang mengimajinasikan apa dalam mangkuk bakso itu. Dasar makluk aneh yang pernah kujumpai dibelahan bumi ini dalam selera makan. Ya katul marutul... Ups inget lambung inget kesehatan

                                                                  Khas Dewi

Bunda (DEWI), setiap penjual pasti senang jika dia mampir mencicipi masakannya. Tahu kenapa?? Karena dia pembeli paling hebat dalam pemakaian saus dan kecap. Kurasa dia memang menikmati bumbu kuah dalam makanannya. Dia tak pernah menambahkan saus ataupun kecap. Sesekali paling menambahkan sambal. Irit. Dia memang orang yang suka menikmati citra rasa asli tanpa embel-embel saus dan kecap. 

                                                                        Doyan

Ada lagi yang membuat si penjual senang dan berterima kasih banget ma Bunda. Dia selalu membersihkan wadahnya hingga bener-bener bersih. Aku curiga ne emang dia doyan atau memang lapar. Tapi memang selalu begitu...

                                                                Kebanyakan Kecap

Nying-nying ( TITIS ), selera makan dia hampir sama ma aku. Lidah kita didesain hampir memiliki struktur yang sama. Kami berdua sama-sama menyukai manis. Rasa manis kecap yang menggugah selera makan menjadi dua kali lipat. Kami berdua selalu menambahakan banyak kecap dalam makanan kuah atau saat makan nasipun tak luput dari kecap. Kecap itu manis dan enak banget. Pokoknya aku suka makan pakai kecap. 


                                                                        air putih
                                                                       
Si nying-nying pengila air putih, dimana tempat dia makan selalu air putih yang menemaninya. Banyak alasan dalam memilih air putih sebagai hisapannya, pertama jelas irit hahaha, trus memang menjaga kesehatan dengan tetap mengonsumsi air putih setiap saat, dan alasan yang tidak aku mengerti jika maem panas adem bisa membuat Lem karet Behelnya lepas.Alasan apapun kurasa benar untuknya...dan aku no commen.





                                                                      Nying-nying

Sambal di Bakso Doa Ibu ini memang superpedas. Nying-nying yang peres mpe nangis-nangis menahan pedas mengigiti lidahnya. Uenak makyuss dech....Bibirnya mpe monyong merah gitu...
 

Memang pilihan makan serahkan pada Bunda piara dech....

Kuliner masih berlanjut....

                                                                    Daftar Harga

Bunda yang selalu ngerti posisi makanan enakpun, ngajak kami bertiga memborong Martabak Telor di Simpang Lima Dekat Hotel Ciputra. Si nying-nying yang kurus tapi gak pernah kenyang selalu mengiyakan lebih awal. Si Katul yang tetap memprotes. Banyak lawan banyak ya tetap menang banyak. ^^ Katul pasrah menyetujui makan martabrak. Bunda memang bakat banget jadi profokator dalam bidang makanan. 

                                                         Martabrak Vs Kampak 212

“ Besok lagi kalo beli martabrak jangan ngajak Kiky,,,” Kata-kata dewi...

Dia mengatakan itu karena aku terlalu ribet dalam pembuatan martabrak yang terlalu banyak batang bawang dan bawang merah. Aku sangat anti dengan begituan.Bisa muntah gak jelas jika mulutku dipaksa untuk menelannya.  





Berhubung malam ini Di jalan pahlawan super bejibun ramainya kami ikut bergabung menjadi salah satu pengguna tempat nongkrong pahlawan. 





Duduk lesehan dipinggir jalan sampil makan Martabrak dan mengobrol tanpa dosa yang kami lakukan malam itu. Sungguh malam yang membuatku sejenak tenang terbebas dari beban pundak yang selalu menjadi sahabatku. Lega....sangat,,,



Menikamati indahnya malam memang hal yang menyenangkan, pertama pernik lampu yang menawan kedua hawa yang dingin dan sejuk. Ingin rasanya malam terjadi lebih lama dibanding siang. 


NongKrong

Beberapa aksi kami dalam menikmati malam dipinggir jalan....


2 komentar:

  1. next culinary tour is es degan dr.cipto .......asyek2....

    BalasHapus
  2. yukzzz km emang ratu kuliner.........

    BalasHapus

 

Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang