Senin, 22 Oktober 2012

Parasitologi jadi Lapak Penelitihan Saya

Sumber di sini

Mendadak curcol lagi ... nggak usah bosan ya yang masih setia mengunjungi Journey of Life akhir-akhir ini dibanjiri curcol nggak penting.  

Hari senin ini menjadi hari yang mendebarkan untuk saya dan juga sebagian teman-teman. Banyak tingkah dari mereka ada yang santai, cemas, menangis, pokoknya macam-macam yang membuat saya geli campur deg-degkan kayak tahu campur.http://eemoticons.net  

Sudah menjadi tradisi di kampus saya saat pembagian bidang untuk pemilihan minat Karya Tulis Ilmiah dengan diadakan undian. Entah mahasiswanya yang diundi atau masing-masing laboratorium yang diundi. Semuanya membuat jantung nggak bisa berdetak normal dan nafas tersengal-sengal. Lebay.http://eemoticons.net 

Kali ini pembagian untuk angkatan saya yang diundi itu mahasiswanya dan nanti memilih masing-masing Laboratorium dan pembimbing yang kuotanya dibatasi. Jelas saja membuat deg-degan. Iya kalau mantab satu bidang dan dapat undian terakhir nggak kebagian posisi yang diinginkan. Nangis ya Nangis aja.http://eemoticons.nethttp://eemoticons.net 

Saat itu saya mendadak galau kronis...

Saya kebayang kepengin penelitian bidang Laboratorium Klinik tentang SGPT perokok, kolesterol dan sebangsanya...

Kemudian ditepis.... Dengan alasan reagennya mahal.

Galau lagi....

Nutup mata komat-amit minta petunjuk mana yang cocok untuk kemampuan saya...http://eemoticons.nethttp://eemoticons.net


Terlintas penelitihan di bidang Parasitologi bertemu kutu, cacing, nyamuk, pinjal, plasmodium dan sekutunya... 


Di bidang ini butuh ketelatenan yang super dan semangat ternak tinggi. Ya Saya Mantap melakukan penelitian di bidang Parasitologi. 

Aku berharap nama saya dipanggil...

Ayooo Sebut nama saya... Mulai galau takut nggak kebagian tempat. 

Entah kenapa saya melupakan proposal penelitihan yang saya buat untuk mata kuliah Metode Penelitihan yang berjudul Perbandingan lama kontak  Ektra Kapulaga untuk memnghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus sp.  (Laboratorium Mikrobiologi)

Saya merasa kesulitan mendapatkan bakterinya... 

Dari 5 Bidang ( Parasitologi, Hematologi, Kimia, Klinik, Bakteriologi ) saya memilih bidang PARASITOLOGI. Semoga pilihan saya menjadi yang terbaik dan cepat selesai tepat waktu amin. 

Setahun ini banyak sekali aktivitas menjadi mahasiswa tingkat akhir. Diantaranya, menyelesaikan proposal penelitian, menyusun KTI, penelitian, Ujian KTI, Ujian akhir program harus belajar materi dari semester 1-5, Praktek Belajar Lapangan (PBL) satu bulan di RS. Sarjito Yogjakarta dan satu bulan  di BLK Semarang, kemudian Wisuda. 

Semua harus tepat waktu kerena semua sudah dijadwal secara runtun dari Kampus. Semangat!!!!!!

 Kembali kelapak penelitian saya....

Lumayan susah untuk mencari judul KTI di kampus saya ini, soalnya AKK itu sudah berdiri sejak 1992 dan pasti hampir semua judul pernah dikerjakan mahasiswa. So, Kita harus mencari hal yang benar-benar baru yang belum dijamah manusia.

Dibenak saya saat ini baru terpikir, maraknya anak manusia yang terserang DBD atau Demam Berdarah yang sering menyebabkan kematian. Penyakit ini dibawah oleh nyamuk Aedes aegypty. Penyakit ini tidak mengenal musim,  kapan saja bisa menyerang manusia. Sebab dimana saja bisa hidup nyamuk dan berkembang biak dengan cepat. 

Fogging masal sering dilakukan di lingkungan masyarakat namun sepertinya masih banyak yang terserang DBD. 

Dari keadaan itu saya muncul ide, untuk Menghambat larva Aedes. Misalnya Potensi biolarvasida ekstrak kulit manggis, kulit polong petai, alang-alang, daun sirih , rumput fatimah,  dan kemangi (tanaman mengandung zat saponin) untuk menekan atau menghambat pertumbuhan larva Aedes penyebab DBD. 

Sudah dijual dipasaran Ekstrak lavender atau kulit jeruk mampu mengusir nyamuk, untuk itu mencari tanaman lain yang sama-sama memiliki zat saponin dapat dimanfaatkan untuk menghambat larva nyamuk. 

Saya harus jeli mana yang lebih efektif dapat menghambat pertumbuhan larva Aedes sehingga penelitihan saya ini bermanfaat untuk banyak orang. 

Saat ini saya fokus dalam satu bidang.... Go PARASITOLOGI. 

Semangat Jiwa Ternak...

Semoga judul saya diterima pembimbing. Amin... Mohon doanya ya Guys...

Butuh ide dan masukkan juga ne....http://eemoticons.net  

Tunggu kelanjutan Proposal dan penyusunan KTI lengkap penelitihannya hanya di Journey of life secara live. 



0 komentar:

Posting Komentar

 

Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang