Sahabat Kiky

My Blog

Daisypath Happy Birthday tickers

Selasa, 23 Agustus 2011

Analis Kesehatan

Diposkan oleh Kiky Saky
Reaksi: 

Analis Kesehatan

 (saat mengambil darah)

Analis kesehatan memang belum di ketahui ilmunya, tidak seperti keperawatan ada ilmu tentang keperawatan, dokter ada ilmunya tentang kedokteran, bidan pun ada ilmunya tentang kebidanan. Nah loh, analis sendiri bagaimana...Terkadang saya sering bingung mencari buku-buku penunjang kuliah.  Analis mempelajari tentang kedokteran. Tentang makanan dan minuman. Kandungan air, Farmasi, entah apalagi. Hanya itu yang saya dapat saat ini. 

 
Analis mempelajari semua yang berkaitan dengan Kesehatan.  Orang bilang Analis asisten dokter. Mengapa bisa di sebut begitu?? Dokter tak akan tau apa yang pasien derita jika seorang  analis tidak memeriksa darah, urin, fese, dahak, cairan otak, sperma, cairan sendi dan lain-lain yang menunjang untuk mengetahui sebab terjadinya patologi pasien. Memang harus memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjadi seorang Analis di laboratorium. Sebab bisa fatal jika data yang kita keluarkan salah, pasien mungkin akan mendapatkan pengobatan yang salah, penanganan yang tidak tepat dan banyak sekali resiko yang akan terjadi jika seorang Analis lalai dalam pemeriksaan sampel pasien. Sungguh pemegang kunci keberhasilan pengobatan pasien.



                                                                ( di laboratorium kimia)

Analis kesehatan juga mempelajari kimia. Kimia analisa kualitatif, kimia analis kuantitatif, kimia amami, Kimia Farmasi, dan lain sebagainya. Jika mata kuliah ini saya dan rekan saya harus memakai peralatan lengkap seperti jas lab, sarung tangan, tak lupa masker. Kami di dalam lab tanpa AC ini harus berhadapan dengan zat-zat Kimia yang berbahaya. Contohnya saja zat Phenylhydrazin ini sangat beracun, hati-hati saja jika sampai terhirup maka dapat merusak alat pernapasan kita.(amit-amit). Asam sulfat pekat juga dapat membahayakan kulit kita jika mengenai kulit secara langsung. Agak gatal dan peri. Jika terkena zat ini harus langsung mencucinya. Kimia amami, mempelajari mengenai makanan. Ya mengetahui kadar pewarna dalam makanan dan minuman, pemanis, dan banyak hal yang dapat dipelajari. Sangat menarik bukan. Ilmu ini dapat dimanfaatkan jika kita bekerja di pabrik makanan ataupun minuman. Apakah hasil produknya layak konsumsi. Kita juga di tempatkan dalam laboratorium. 
                                                              ( with my friend)

Mikroskop adalah  sahabat dekat kami, kami dapat melihat sedimen dalam urin, komponen – komponen yang berada di dalam darah, pergerakan sperma yang motil, berbagai macam cacing dan melihat berbagai macam bakteri penyebab penyakit. Tanpa mikroskop kami tidak dapat bekerja dengan baik, bahkan sama sekali tidak dapat bekerja karena kami tidak bisa melihat benda mikron dengan mata telanjang. Sungguh kami sangat berterima kasih kepada Leeuwenhoek karena telah menemukan mikroskop. Sangat besar jasa Beliau. Hingga kini mikroskop berkembang menjadi berbagai macam tipe, dari yang berlensa objektif tunggal dan biner. Hingga yang menggunakan bantuan cayaha lampu dan cayaha matahari. Luar biasa hebat...

                                                         ( Tetap narsis meski deg2an)

Dalam bekerja kami di tuntut untuk berhati-hati dan tidak ceroboh karena alat-alat yang kami pegang terbuat dari kaca yang rentan sekali pecah. 
                                                           ( menulis hasil pengamatan)


Kami harus mencatat hasil yang kami dapat dengan teliti dan tanpa ada kesalahan dalam penulisan. Semua hasil yang kami peroleh nantinya akan di ambil tindakan sesuai keputusan doketer. Jadi data yang kami laporkan harus benar-benar  valid. Jika tak ingin kefatalan terjadi pada pasien. 

                                                        ( berhadapan benda infeksius)


Harus berhati-hati dengan sampel yang sedang diperiksa karena semua sampel adalah bahan infeksius. Yang dapat menyebabkan penyakit jika kami tidak berhati-hati.  Tidaklah lucu jika kami berkerja dengan keadaan sehat dan selesai bekerja tertular penyakit yang kami periksa. Sekali lagi tetapi jaga keamanan diri sendiri.

                                                         (tetap tersenyum meski sakit hehe)


Jika kita berhadapan dengan pasien pastikanlah kita sudah berwajah ramah. Karena kami di tuntut untuk berkomunikasih yang baik dengan pasien agar mereka dapat membantu proses pengambilan sampel dan pemeriksaan. Sikap kami memang berperan penting kepada diri pasien. Utamakan keramahan kita. Yakinkan jika kita memang mampu.


                                                                 ( aduh-aduh...)


Dibutuhkan ketelitihan dalam pemakaian zat - zat kimia karen wadahnya semuanya nyaris sama. Tetap memperhatikan lambang yang tertera pada luar wadah. Karena Zat-zat tersebut sangat berbahaya.


                                                              ( hakiki chandra wardani)

Inilah sedikit cerita dari saya tentang analis kesehatan...Selama saya kuliah 2 semester ini. Semoga anda tertarik...atau setidaknya menambahkan sedikit informasi mengenai apa sesungguhnya Analis Kesehatan dan Apa pekerjaan Analis kesehatan.

Saya ingin menjadi seorang analis yang handal dan di percaya...

Thanks....

0 komentar:

Poskan Komentar