Sabtu, 17 September 2011

MaKul Saya Di Semester 3




Sedikit berbagi cerita mengenai diri saya...
Bersiap-siap memasuki tahun ajaran baru di semester 3 saya menyiapkan buku tulis layaknya di SMA dulu. Kampus saya memang tergolong ketinggalan saat memasuki ajaran baru. Payah. Setelah libur 3 minggu, akhirnya saya akan menikmati belajar kembali.
Mata kuliah saya di semester 3,,,


Yang pernah diterima di semester sebelumnya....

1.   Kewarganegaraan,,,

Mata kuliah ini pernah saya peroleh di semester 2. Lumayan banyak tugas menulis di atas kertas folio menanggapi pemerintahan dan kondisinya. Wajib dengan pendapat sendiri, ditolak jika mengunduh mbah google. Kertas folio harus ditulis penuh tanpa ada yang kosong sebarispun. Demokrasinya keluar dech. 

2.   Parasitologi 2,,,

Mata kuliah ini juga di peroleh di semester 2. Mata kuliah semester lalu mempelajari berbagai macam jenis cacing, penyebabnya, vektornya, macem-macemlah. Ujiannya soalnya banyak banget. Alhamdulilah saya gol.Ciri dr. Hadi sebagai dosen melarang kami mencatat terlalu sering karena harus fokus pada cerita beliau. Menurutku membuat ngantuk karena suaranya tetap kecil meski pake microfon. Disemester 3 ini saya tak tahu akan membahas apa, di buku kedokteran parasitologi sich ada bab tentang cacing, protozoa dan apa ya lupa. *garuk-garuk*

3.   Pr. Parasitologi 2

Mata kuliah ini saya terima di semester 2, kesehariannya di dalam lab berbau lisol. Dalam mata kuliah ini saya mengamati bentuk cacing melalui mikroskop. Cacing yang saya amati kebanyakan berhabitat di dalam tubuh manusia. Sehingga sampel yang saya bahaya selalu kotoran manusia alias tinja. Awalnya hidung dan perut saya tak mampu menahan muaknya. Namun selama 6bulan bergelut terasa biasa saja. Dalam ujian makul ini saya kecewa berat, karena di dalam tinja yang saya priksa tak ada telur cacingnya sama sekali, mataku sampai penas dibuatnya. Mata telah terbuka lebar-lebar dibalik kaca objektif mikroskop tapi tak ada satupun larva, telur ataupun cacing. Hikzzz. Apakah semester 3 ini juga akan bergelut dengan feses??

4.   Bakteriologi 2

Rasanya sama melanjutkan dari semester 2 ya... Dalam makul ini memepelajari berbagai macam bakteri gram positif dan gram negatif. Lingkungan hidupnya dan makanannya.



5.   Pr. Bakteriologi 2

Jika ini prakteknya, saya selalu berada di dalam laboratorium mikro. Di dalam laboratorium ini harus berhati-hati karena terdapat ribuan bakteri penyebab penyakit yang di kembangbiakan di dalam tabung reaksi, tabung elenmayer, cawan petri dll. Dalam makul ini saya melakukan pengecatan bakteri agar mengetahui gram positif atau gram negatif. Mengenal bentuk bakteri juga. Mengenal berbagai macam bakteri penyebab bakteri dan bagaimana mengembangbiakannya. Cara memperolehnya belum diajarkan, mungkin semester 3 ini.

6.   Hematologi 2

Kurasa melanjutkan semester 2 lagi, mempelajari berbagai macam seluk beluk darah dan komponennya. Bagiku menarik.

7.   Pr. Hematologi 2

Mata kuliah ini dibutuhkan 2 kali ketelitihan, pasalnya setelah mendapatkan darah dari lengan pasien yang saat itu teman saya sendiri. Saya harus memeriksanya berapa Hb, Ht, Laju Endap Darah, jumlah sel leukosit, jumlah sel trombosit, jumlah sel eritrosit, Jumlah hitung macam sel leukosit (monosit, basofil, limfosit, eosinofil,  netrofil batang dan netrofil segmen) dan hrs diselesaikan 2 setengah jam jika ujian. semuanya dilakukan manual menggunakan alat-alat seperti bilik hitung. Padahal jika di tes melalui mesin hanya beberapa menit saja. Tetapi pembelajaran tetep manual. Jika pelajaran biasa 4 jam di dalam laboratorium. Semeter 3 nanti apa ya yang akan dipelajari???



Yang belum diterima di semester sebelumnya,,,

8.   Kimia Farmasi

9.   Pr. Kimia Farmasi

10. Analisa Air

11. Pr. Analisa Air

Dalam mata kuliah ini yang terbesit dalam benak saya, kurasa mengidentifikasi macam-macam air misalnya air sumur, air kali, air PAM, air joberan, air minum berbagai kemasan seperti aqua, prima, dan yang beredar di pasaran, lalu diteliti bahan yang terkandung di dalamnya apa saja dan berbahaya atau tidak. Cerita kakak kelas juga begitu kurang lebihnya.

12. Sitohistoteknologi

13.Pr. Sitohistoteknologi

14. Kimia Klinik 1

15.Pr. Kimia Klinik1

Semester dua sich saya mempelajari Kimia klinik Rutin pratik dan teorinya. Dulu Kimia Klinik rutin sih memeriksa urin, sperma, cairan otak, cairan transudat/eksudat. Sehingga saya tahu apa yang di derita pasien setelah mengetas sampel-sampel tersebut. Nah kalo Rutinnya diilangin apa yang dipelajari serta yang di cek ya?? Penasaran...

16.Transfusi Darah

17. Pr. Tranfusi Darah

Semoga mata kuliah semeter 3 ini dapat saya kuasi semua. Saya ingin menjadi seorang Analis yang handal. Mampu menjalankan tugas tepat pada waktunya.
Amien...


Dapat dilihatkan prospek kerja nantinya bagaimana???


Bisa di laboratorium khusus, laboratoruim rumah sakit, perusahaan, PMI, klinik, Pukesmas, Badan LepKes, dll


Semangat buat Hakiki Chandra Wardani!!!!!


Jangan menyerah dan jangan putus semangat.



2 komentar:

 

Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang